Jakarta – Proses tes seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tes dengan CAT untuk menjamin prinsip-prinsip rekrutmen yang kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Selain itu tes tidak dipungut biaya. Salah satu materi pokok dalam tes seleksi adalah Tes Wawasan Kebangsaan. Tes ini untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela Negara, pilar Negara, dan bahasa Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan itu di Jakarta, Kamis (19/12). Menurut Tjahjo, dalam tes seleksi ASN dengan menggunakan CAT memasukkan tiga materi pokok pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tiga materi pokok itu adalah yakni tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi. “Sedangkan pada tes karakteristik pribadi, peserta akan dinilai kemampuannya dalam membangun jejaring kerja, sosial budaya, adaptasi terhadap kemajemukan, pelayanan publik, teknologi informasi dan komunikasi dan profesionalisme,” ujarnya. ags/AR-3

http://www.koran-jakarta.com/tes-cpns-harus-pastikan-tak-ada-calon-yang-radikal/