PDI Perjuangan bersama Megawati Soekarnoputri menggelar diskusi virtual bertajuk Politik Hijau PDI Perjuangan pada Sabtu (20/2/2021) pukul 14.00 WIB. Acara ini digelar untuk menggerakkan Program Gerakan Penghijauan dan Bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) gelombang kedua di seluruh Indonesia. Para aktivis lingkungan, generasi muda penemu alat penghijauan, hingga petinggi dan kepala daerah dari PDI Perjuangan akan mengikuti diskusi interaktif itu.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo yang merupakan Sekjen DPP PDIP 2010-2015 hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut menyatakan bahwa kalau kita konsisten dalam program Semesta Berencana jangka panjang yang dicanangkan Bung Karno, saya kira alam kita bisa terjaga dengan baik, tidak ada banjir, sungai mengalir dengan baik. Sungai sebagai muasalnya peradaban dan cerminan peradaban merupakan bagian ekosistem penting yg harus dijaga fungsinya, baik secara lingkungan, ekonomi dan sosial.

Politik Hijau merupakan gerakan dari sebuah fenomena perlunya pelestarian lingkungan yg berkelanjutan. Gerakan ini merupakan sebuah antitesa dari degradasi lingkungan selama ini akibat negara2 yg memacu pertumbuhan ekonomi tanpa memperhatikan daya dukung lingkungan hidupnya.

Politik hijau bukan hanya isu negara, tetapi sudah berkembang menjadi isu regional dan internasional. Bahkan sekarang sudah menjadi bagian kesadaran masyarakat dan dunia akademis.

Gerakan global ini dapat dilihat dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dimotori PBB dan diadopsi oleh negara-negara yang anggotanya termasuk Indonesia. Dalam agendanya SDGs menekankan pentingnya orientasi lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap Pencapaian Lingkungan Hidup yang berkelanjutan sebagai salah satu misinya.

ASN sebagai pelaksana kebijakan Pemerintah wajib mengawal dan mensukseskan misi tersebut, baik dalam fungsi regulasi, alokasi pemanfaatan, distribusi bantuan dan mengamankan keputusan pemerintah yang berpihak pada lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat.

Bencana alam merupakan salah satu ancaman yang serius bagi negara kita. Bencana alam ini sebagian besar adalah karena kerusakan lingkungan dan akibat ulah manusia.