Jakarta, 21 Januari 2020

Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Rapat KERJA Bersama Kementrian PAN RB Senin (20/1) di Kompleks Parlemen, Jakarta.   

Dalam RAKER tersebut, Menteri PAN RB mengatakan, “Sejak 2014, seleksi CPNS berbasis komputer agar kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.” “Saat ini, PNS Indonesia mencapai 4.286.918 orang. Proporsinya masih didominasi jabatan pelaksana (administrasi umum) sebanyak 1,6 juta. Sementara, untuk berhasil dalam mewujudkan Visi Indonesia Maju, diperlukan SDM berkeahlian sesuai. Karenanya, diperlukan restrukturisasi agar ASN didominasi jabatan fungsional teknis berkeahlian,” imbuh Tjahjo Kumolo MenpanRB.

Ketua Komite I DPD RI Agustin Teras Narang mengungkapkan saat membuka rapat bahwa Penyederhanaan birokrasi yang digaungkan pemerintah diharapkan mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang baik, meski banyak kendala dalam pelaksanaannya.

Berbagai upaya dan kebijakan yang telah dilaksanakan Pemerintah perlu diharmonisasi ulang dalam rangka mewujudkan ASN yang profesional, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

(adm)