JAKARTA- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menghadiri Upacara Peresmian perubahan 7 Polda tipe B menjadi tipe A di Rupattama Mabes Polri, Rabu (22/04).

Peningkatan tipe Polda ini berdasarkan persetujuan MenPAN RB di 7 Polda, masing-masing Polda Maluku Utara, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Kalimantan Utara, Polda Kepulauan Bangka Belitung, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Barat, dan Polda Papua Barat, akan resmi berubah status dari Tipe B menjadi Tipe A.

Dengan peningkatan tipe Polda ini akan berdampak pada penguatan organisasi, sumber daya, personel hingga anggarannya, mengingat dan mempertimbangkan luas wilayah dan tingkat kriminalitas di wilayah tersebut sehingga perlu ketahanan keamanan yang lebih kuat.

Peningkatan tipe tujuh Polda dari tipe B menjadi tipe A, secara otomatis juga menaikkan pangkat masing-masing Kapolda. Sebelumnya, Polda tersebut dipimpin oleh Brigadir Jenderal, sehingga akan disesuaikan kepangkatannya menjadi Inspektur Jenderal . (adm)