JAKARTA-  Hari ini Senin pagi tanggal 23 Maret 2020, biasanya kita bersama melakukan upacara bendera dengan memberi hormat, berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera kebangsaan MERAH PUTIH  dengan khidmat hingga prosesi upacara selesai. Namun di pagi kali ini, kita tidak melakukannya sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, berbagai upaya, baik tindakan maupun himbauan telah sering kita saksikan dan dengarkan bahkan diri kita sendiri pun ikut terlibat didalamnya.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap insan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih profesional menjalankan tupoksinya masing-masing. Secara pribadi saya menyatakan keprihatinan dan duka cita yang sedalam-dalamnya atas beberapa tenaga kesehatan yang terpaksa harus menjadi korban dari penyakit Virus corona (Covid-19) ini.

Kita jangan larut dalam ketakutan menghadapi corona. Pemerintah telah memberi petunjuk jelas kepada rakyat untuk bisa selamat dari serangan virus Corona. ASN yang profesional harus mengikuti petunjuk resmi pemerintah.  Jangan ikuti pendapat orang-orang yang tidak berwenang dan tidak ahli, terutama di Medsos.  

Sesuai dengan Surat Edaran No.19 Th. 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Covid-19, saya yakin setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) telah menetapkan mekanisme kerja yang akuntabel yang memungkinkan pegawai bekerja dari rumah sehingga pelayanan publik di instansinya tetap berjalan dengan baik. ASN wajib mematuhi kebijakan tersebut dengan profesional dan inovatif, sehingga tidak ada kendala maupun alasan terbengkelainya pelayanan publik. 

Aparatur Sipil Negara telah membuktikan bahwa bekerja tak harus dibatasi oleh kungkungan jam kerja dan manfaat yang hanya bisa dirasakan oleh diri dan instansinya semata. Mengabdikan diri sebagai ASN berarti menciptakan terobosan, membuka peluang perbaikan dan inovasi, persis apa yang pernah disampaikan Presiden Jokowi, “Jangan bekerja normal dan rutinitas, carikan terobosan-terobosan yang sederhana, simple tetapi bisa menjadikan kelancaran aktifitas.”

Dalam menghadapi Pandemi Covid-19, ASN sudah seharusnya menjadi garda paling depan bekerja sama dengan semua pihak, dengan dunia usaha, serta masyarakat. Ini menjadi kunci keberhasilan kita bersama-sama untuk memerangi Covid-19. BERSAMA, KITA BISA PERANGI VIRUS CORONA.

Akhirnya marilah kita biasakan hindari budaya saling menyalahkan!  Lakukan yang terbaik untuk menyelamatkan kehidupan berbangsa & bernegara.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa.

MENPANRB-TJAHJO KUMOLO

Jakarta- Senin/23-03-2020