Suara.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo menghadiri acara tahlilan mengenang hari lahir Ketua MPR RI periode 2009-2014, Taufiq Kiemas.

Tjahjo sudah menganggap sosok Taufiq seperti orang tuanya sendiri.

Dengan mengenakan kemeja putih, Tjahjo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (31/12/2019). Ia melakukan prosesi ziarah di tepat hari lahir Taufiq.

Taufiq bukanlah orang baru bagi Tjahjo. Pasalnya, Tjahjo sangat dekat dengan suami dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnopitri tersebut.

“Ini ulang tahun Almarhum Pak Taufik. Pak Taufik sudah saya anggap orang tua saya, guru saya (di dunia) politik,” kata Tjahjo.

Kedekatannya pun dibuktikan Tjahjo yang pernah menjadi sekretaris Taufiq selama 7 tahun. Dalam waktu tersebut, ia mendapatkan banyak pelajaran dan motivasi terutama untuk dunia politik.

“Beliau banyak memberikan motivasi, memberikan petuah-petuah nasihat politik,” tuturnya.

Karena dorongan serta motivasi yang diberikan Taufiq itulah akhirnya Tjahjo terjun ke dunia politik dengan mendaftarkan diri sebagai kader PDI Perjuangan.

“Dari salah satu pengurus partai sampai sekjen sampai ketua fraksi itu juga atas bimbingan pak Taufik dan Ibu Megawati,” katanya.

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari

https://www.suara.com/news/2019/12/31/165810/kerap-dapat-petuah-tjahjo-anggap-taufik-kiemas-orang-tua-sekaligus-guru